BOLA SMA YZA 1 KEMBALI MENGGELINDING



SMA YZA 1 adalah salah satu sekolah menengah atas tertua di wilayah kecamatan ciawi kabupaten Bogor pada waktu itu dan kini mengalami pemekaran wilayah mejadi Kota Madya Bogor. Pada saat ini kota madya Bogor menjadi kota bogor yang berarti secara administrasi kependidikan SMA YZA 1 berada dalam kecamatan bogor timur kota bogor. sehingga secara administrasi kependidikan menjadi wilayah kecamatan Bogor Timur Kota Bogor.


SMA YZA 1 Kota Bogor , yang beralamat di JL.Raya Ciawi KM 09, berdiri pada tahun 1985 oleh Dewan pendiri sekaligus Ketua Yayasan zaelani Al mansyur yakni H.TB. NUNUNG NURDIN dan DR. DRA. HJ. ENTIN SUHARTINI, MM, sehingga pada tahunpelajaran 1987/1988, mulai menerima siswa Baru angkatan pertama sebanyak 141 orang siswa JURUSAN IPA dan IPS.

Kehadiran SMA YZA 1 Kota Bogor pada waktu itu , sebagai jawaban atas keterbelakangan pendidikan masyarakat di wilayah kecamatan ciawi dan sekitarnya sehingga menyongsong abad ke-21 dimana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya lokal di angkat ke permukaan sehingga para lulusan SMA YZA 1, menjadi Alumni yang paripurna yakni menguasai teknologi dan berbudaya serta beriman dan bertakwa kepada ALLAH SWT.

SMA YZA 1 Kota Bogor, angkatan pertama sebanyak 141 orang di wisuda di Gedung Kemuning Kota Bogor salah satu alumni angkatan pertama berkiprah mengabdi di (YZA) yakni ibu LIA ELIZAEVA. Sejak berdiri SMA YZA 1 Kota Bogor telah melulusakan ribuan alumni jurusan IPA dan IPS dan telah mengabdi di berbagai instalasi pemerintah sebagai (PNS/ASN), TNI,POLRI, dan sebagai berwirausaha mandiri sebagai pengusaha.

KEGIATAN EKSKUL, yang ada dilingkungan YZA, dan diminati siswa diantaranya sepak bola, futsal, voli ball, basket, pencak silat, paskibra, PMR, dan seni ( Band, Jaipong, Degung, Karawitan).

Khusus seni/kesenian sunda, siswa SMA YZA 1, mendapat “udara penyegar” memberikan kesejukan baru dengan kehadiran guru SBK (seni budaya dan kesenian) yang baru yakni Bapak WAWAN SUGIAWAN , S.Pd, MS yang memiliki latar belakang seni budaya sunda. Di bidang sepak bola SMA YZA 1 Kota Bogor tetap menjalin kerja sama dengan PT.UNITEX TBK dalam hal penggunaan lapangan sepak bola di bawah bimbingan pelatih Bapak HARY MULYADI, SE sebagai guru olah raga (PJOK). Baru baru ini SMA YZA 1 Kota Bogor mengirim 2orang perwakilan yang bergabung dalam tim sepak bola MUTIARA 97 di bawah asuhan pelatih bapak ERWIN, OJEKUL dan M. NASRUN, S.Sos (Alumni SMK YZA 2 kota Bogor) dalam rangka mewakili kota bogor di popwil jawa barat 26 juni 2019 dan meraih JUARA ke 3 se Jawa barat yakni :
         
1. AL GHANYYU CLAUDIO R, Kelas XI       
2. LUQI ADITIA WAHYU, Kelas XI





Dengan adanya perwakilan dan terpilih menjadi pemain inti di KLUB Sepak Bola di Kota Bogor, Sehingga kami melihat Bola di SMA YZA 1, mulai menggelinding lagi, mengingat YZA pernah menjadi Juara DIVISI UTAMA pada tahun 2 ribuan yang lalu.