Contoh Tugas Teori Komputer Dan Jaringan Dasar Kelas 10 Multimedia

Berikut ini adalah contoh tugas untuk pelajaran teori dari KJD atau komputer dan jaringan dasar, yang bisa menjadi refrensi atau informasi tambahan, semoga bermanfaat.

--------------------------

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Perkenalkan nama saya Patih Jana dari 10 multimedia 1.

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala berkat dunia dan rahmat yang melimpah saya bisa membuat tugas ulangan teori.

Tugas ini saya buat untuk memberikan ringkasan sedikit mengenai jaringan internet. Sebelumnya saya berterima kasih kepada bapak Burhan karena telah memberikan saya waktu untuk mengerjakan tugas ulangan teori dan maaf bila ada kata-kata dari saya yang kurang baik atau masih ada yang kurang dalam penjelasan mengenai jaringan internet.

Ok berikut adalah penjelasan dari saya mengenai internet jaringan
internet adalah jaringan komunikasi yang menghubungkan jaringan komputer ke fasilitas komputer yang berada di seluruh dunia.

Jaringan internet mempunyai fungsi yaitu sarana sebagai media untuk berkomunikasi, dapat juga digunakan untuk mengakses informasi dan berita atau hal terbaru, jaringan internet juga bisa dijadikan sebagai pertukaran sumber daya namun berupa media atau informasi. di dalam sebuah internet jaringan terdapat alat-alatnya atau contoh perangkatnya yaitu :

1. Komputer server
Di dalam komputer server semua data yang dibutuhkan disimpan. Komputer ini memiliki fungsi yaitu sebagai penyimpanan untuk semua data berbasis informasi.

2. Komputer client
komputer client adalah komputer pengguna jika tidak terhubung dengan server komputer ini tidak bisa mengakses data-data pada komputer server dan komputer ini akan menjadi komputer biasa tanpa jaringan internet.

3. Kabel
kabel yang biasanya digunakan untuk mengakses jaringan pada komputer adalah kabel UTP, kabel coaxial dan kabel fiber optic

4. Konektor
Konektor adalah perangkat untuk dihubungkan ke komputer, konektor berada di ujung-ujung kabel. Konektor yang sering dipakai adalah konektor RJ-45 konektor, BNC/T dan konektor ST.

5. Switch
switch adalah perangkat untuk memecah jaringan dari satu server menjadi beberapa client dalam jaringan local. Switch biasanya memiliki kelipatan 4, 8,16 32 dan seterusnya. gunanya switch adalah dalam membatasi dan mengatur besar data pada setiap client yang terhubung.

6. Hub
Hub memiliki fungsi untuk membagi jaringan pada suatu server. Hub membagi jaringan tetapi tanpa mengatur dan membatasi paket data dan tidak adil antara satu client dengan client yang lainnya.

7. Bridge
Bridge merupakan jembatan jaringan yang bisa menggabungkan jaringan local ke sebuah jaringan local lain lain yang lebih besar.

8. Access point
Perangkat ini berfungsi mentransmisikan sinyal wireless yang diterima pada router atau kabel jaringan agar sinyal yang diterima client lebih baik. seperti hub tetapi harus menggunakan jaringan wi-fi dan dapat diberi password

9. Router
Router merupakan perangkat untuk membagi jaringan dengan protokol TCP/IP. Jadi setiap client mendapat IP yang berbeda dengan yang lain.

10. Repeater
Repeater adalah perangkat untuk memperkuat sinyal agar lokasi jangkauannya dapat lebih luas lagi.

11. Network card
Network card adalah kartu jaringan yang sering digunakan di komputer atau di laptop.

12. Modem
modem adalah perangkat jaringan yang dapat merubah sinyal dari sinyal analog ke digital dan sebaliknya.

Di zaman ini zaman yang sudah modern hampir seluruh orang tidak bisa lepas dari jaringan internet.
Jaringan internet tersusun dari telepon atau satelit. 

Dengan adanya internet kita dapat melakukan hal-hal positif lainnya karena sekarang internet mencakup lebih banyak informasi tentang apapun dan dengan internet juga sekarang kita bisa membaca buku tanpa harus mempunyai buku karena bisa lewat aplikasi yang terhubung dengan internet atau jika kita ingin mencari sesuatu seperti halnya jawaban yang kita sulit untuk dimengerti dan tidak ada di buku kita bisa mencarinya lewat aplikasi seperti Google tapi dengan akses internet.

Tanpa jaringan internet kita tidak dapat mencakup banyak informasi atau berita terbaru. Di tahun 1993 Jika kita ingin terhubung ke jaringan internet kita harus mempunyai nama domain dan juga alamat yang berupa simbol numerik atau format sebagai pengenalan kita. Internet dapat mengakses banyak informasi karena internet terhubung luas sampai seluruh dunia.kita juga dapat menggunakan internet sebagai media untuk hiburan contohnya di kalangan anak muda sekarang banyak sekali yang bermain game online apalagi sekarang kita bisa membuka video di YouTube.

Banyak juga di kalangan orang-orang yang menggunakan internet untuk bekerja karena dengan internet pekerjaan lebih mudah dan tidak terlalu capek di zaman dulu jika ada pekerjaan pasti kita harus mencarinya di buku dan bukan cuman satu atau dua buku tapi mungkin puluhan buku yang harus kita baca untuk mendapatkan sesuatu yang kita cari tetapi sekarang dengan adanya internet kita dapat dengan mudah untuk membuka HP dan kita bisa searching langsung dan mendapatkan informasinya jauh lebih cepat.dengan adanya sebuah internet.

Kita dapat memperkenalkan budaya-budaya yang ada di negara kita sebagaimana kita dapat memposting sesuatu seperti tarian yang ada di daerah-daerah di negara kita dan juga kita dapat melihat postingan orang orang yang mungkin berbeda kota dengan kita dan melihat di kotanya terdapat apa dan dari situ kita akan mendapatkan informasi tentang kota tersebut biasanya postingan tersebut terdapat ciri khas dari kota tersebut bagaimana orang-orangnya fisik orangnya seperti apa atau mungkin ada sesuatu yang membuatnya berbeda dengan kota lain.


Tahukah kamu jika internet mempunyai manfaat untuk penjelasan lebih lanjutnya mari simak di bawah :

1.Manfaat internet bagi pelajar
Internet dapat bermanfaat untuk pelajar karena bisa menjadi sarana mencari informasi, untuk mencari referensi, bisa untuk belajar bahasa dengan menggunakan kamus yang sekarang disediakan secara online, bisa untuk pembelajaran jarak jauh seperti yang kita tau dari 2019 adanya covid sangat berdampak buruk pada pembelajaran tapi berkat adanya internet proses belajar mengajar antara guru dan anak murid dapat tetap terlaksana, dengan internet seorang pelajar bisa untuk mengakses aplikasi pembelajaran ya mungkin ada beberapa orang tua yang tidak mengizinkan anaknya untuk les di luar jadi bisa belajar dengan online.

2. Manfaat Internet bagi pemerintah
Ternyata internet juga mempunyai manfaat bagi pemerintah. Jadi internet dapat menjadi media penerimaan aspirasi warga atau masyarakat tidak hanya itu kritik dan saran dari rakyat pun bisa disampaikan lewat internet. Informasi tentang pemerintah yang akurat juga bisa di akses lewat internet. Dan bisa sebagai kampanye bagi pemerintah

3. Manfaat Internet bagi keagamaan
Manfaat Internet bagi keagamaan bisa dijadikan untuk konsultasi tentang agama, bisa untuk tanya jawab tentang agama, dan untuk orang yang baru pindah agama pun bisa melihat di internet tentang agama yang dianutnya bisa juga untuk mencari informasi terkait sejarah agama dan masih banyak lagi.

4 manfaat Internet bagi petani
Bagi petani internet sangat bermanfaat untuk ramalan cuaca agar tidak gagal saat panen.dan bisa untuk mencari informasi terkait dengan tanaman, cara membuat pupuk organik yang mungkin bisa mengurangi budget para petani dan menambah pengetahuan para petani untuk lebih waspada terhadap pergantian musim.

5. Manfaat Internet bagi perdagangan
Bagi seseorang yang baru berdagang internet sangatlah bermanfaat dari internet seseorang dapat belajar apa saja yang harus diperhatikan sebelum berdagang, bagaimana menarik minat pembeli, bagaimana merayu seseorang agar membeli apa yang ia perdagang kan, bagaimana menghitung untung, rugi dan hasilnya.

6. Manfaat Internet bagi marketing bisnis
Dalam marketing bisnis internet sangat menguntungkan baik dari pembeli maupun sang penjual nya karena lebih mudahnya penjualan, murahnya harga, mudahnya mempromosikan barang barang, banyaknya pilihan, mengurangi biaya ongkos jalan bagi sang pembeli, mengurangi resiko penipuan dan masih banyak lagi.

7. Manfaat Internet bagi kehidupan sehari hari
Kemudahan Internet bagi sehari hari dapat dijadikan sebagai Edukasi, untuk pemetaan rumah, untuk komunikasi.

8. Manfaat Internet bagi dokter
Dengan adanya internet bila ada seseorang yang sakit dan rumahnya jauh dari rumah sakit dan klinik bisa menghubungi dokter atau menggunakan halodoc seperti yang rumahnya berada di pedalaman yang mungkin untuk pergi ke rumah sakit memerlukan waktu yang lumayan lama namun dengan adanya internet bisa tau langkah pertama yang harus dilakukan bila ada anggota keluarga yang sakit dan bisa mencari tau manfaat obat dan efek samping penggunaan obat dalam jangka waktu yang cukup lama.

9. Manfaat Internet bagi guru
Bagi guru internet sangatlah penting dan sangat bermanfaat apalagi bila ada murid yang kurang mengerti bisa menanyakan lewat via WhatsApp atau media lainnya. Guru juga bisa mendapatkan informasi untuk proses mengajar yang lebih efektif agar anak murid nya bisa senang dan bisa fokus saat mengerjakan tugasnya.

10. Manfaat Internet bagi seorang pengusaha
Bagi seorang pengusaha internet dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan ide yang bagus untuk sebuah usaha yang ia bangun, untuk menyebarluaskan usaha yang ia bangun, sumber informasi bagi pakar di dunia, bahkan sebagai media untuk mencari lowongan pekerjaan dan media mendapatkan pekerjaan yang hanya mengirimkan CV dan tinggal menunggu panggilan bisa langsung kerja saja.

Tahukah kamu bahwa internet mempunyai dampak yang positif dan dampak yang negatif.

Dampak positif dari internet adalah untuk memudahkan berinteraksi, memudahkan pembelajaran, memudahkan proses jual dan beli, untuk konsultasi, untuk tanya jawab, sebagai sarana untuk mendapatkan suatu informasi dengan lebih mudah dan akurat dan masih banyak lagi.

Dampak negatif dari internet adalah banyak orang yang menjadi malas untuk mengerjakan sesuatu karena adanya internet, seseorang menjadi malas untuk membaca buku karena tinggal searching langsung tampil di layar handphone, banyaknya oknum yang curang dan melakukan penipuan, banyaknya berita hoax yang tersebar luas hingga membuat banyak orang salah paham, Internet dipakai untuk melakukan suatu kejahatan kepada seseorang bahkan ada yang menjual anak anak di media internet, menjual organ tubuh manusia secara ilegal, bahkan teganya ada perdagangan manusia yang sudah tersebar luas di seluruh dunia yang mungkin mereka tidak berfikir bagaimana sedih nya keluarga sang korban bila tau jika anggota keluarga nya ada yang menjadi korban perdagangan manusia secara ilegal tersebut dan masih banyak kekerasan dan kejahatan yang terjadi lewat internet. Jadi sebagai seseorang yang mempunyai hati nurani ada baiknya kita untuk lebih memperhatikan baik baik agar tidak terjerumus dalam kejahatan atau bahkan menjadi korban kejahatan.

Oke cukup sekian penjelasan singkat mengenai jaringan internet dan beserta dampak positif dan dampak negatif dari internet dan juga manfaat dari internet. Semoga kita semua terhindar dari bahaya dan dampak negatif Internet. Terima kasih untuk pak Burhan yang sudah memberikan tugas ini akhir kata saya ucapkan Alhamdulillah

Wabillahi Taufik wal hidayah
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh