Pengalaman Mengganti Kartu ATM BCA Lama Ke Baru (Chip)


Di artikel kali ini akan berbagi seputar pergantian kartu bank BCA. yang mana bisa dibilang wajib karena jika tidak, kartu akan diblokir dan itu pastinya akan menyulitkan kita jika kita lupa untuk ganti.

Cerita ini berdasarkan pengalaman asli praktek di lapangan, namun memang saya tidak mendokumentasikan proses dengan foto atau video, karena di dalam kantornya sendiri tidak bisa sembarangan merekam begitu saja, saya akan berusaha menjelaskan seingat dan sejelas mungkin agar anda yang mau ganti kartu bisa mendapatkan masukan.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa seluruh Bank di Indonesia mengharuskan nasabahnya untuk mengganti kartu ATM nya ke versi yang baru bagi nasabah lama, karena untuk nasabah-nasabah baru kartu tidak perlu ganti.

Saya sendiri masih menggunakan kartu lama yang tidak ada chipnya dan terbilang sudah usang karena sering digunakan dan terjepit di antara dompet sehingga membuat banyak bekas pada kartu.

Sebelum lanjut ke cerita saya, akan dijelaskan beberapa pertanyaan yang mungkin teman-teman ingin tanyakan dan jawaban ini langsung dari informasi di website BCA dan staf di kantor BCA yang saya tanyakan.

Ganti kartu ATM BCA chip bayar berapa?
Penggantian Kartu ATM/Debit BCA Non Chip ke Kartu ATM/Debit BCA Chip tidak dipungut biaya. bagi anda yang datang langsung ke kantor cabang BCA Terdekat, adapun biaya Rp. 20.000 untuk anda yang memilih online, karena untuk biaya pengiriman.

Ganti kartu BCA sampai kapan?
Menurut informasi 30 November 2021, dan jangan tunggu sampai diblokir ya, biar ga ribet kedepan urus-urusnya

Haruskah ganti kartu ATM BCA?
Bisa dibilang WAJIB, karena setelah tanggal 30 November 2021 kartu atm lama tidak akan bisa digunakan. 

ini juga berlaku tidak hanya untuk Bank BCA, Tapi juga Bank-bank lain seperti bank BRI, BNI, Mandiri DLL

Apakah persyaratan ganti Kartu ATM BCA?
Saat saya ganti ke kantor cabang Bank BCA, hanya membutuhkan KTP Asli dan setelah itu prosesnya terbilang cepat.

Berikut ini beberapa cara mengganti kartu ATM BCA :

Datang ke Kantor Cabang BCA terdekat

Penggantian ke Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BCA di seluruh Indonesia.
Melalui Layanan CS Digital BCA

CS Digital adalah layanan Customer Service (CS) bagi setiap nasabah BCA yang ingin melakukan transaksi perbankan dalam satu mesin digital secara self service di cabang. Informasi lengkap mengenai CS Digital BCA,
Hubungi Halo BCA 1500888


Informasi lebih lanjut terkait Syarat dan Ketentuan penggantian Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip dapat menelepon Halo BCA.

Lanjut pengalaman saya mengganti kartu BCA, setelah mencari-cari informasi di internet saya putuskan untuk memilih jalur CS di kantor cabang agar lebih cepat tanpa perlu menunggu kartu sampai.

saya sudah menyiapkan KTP asli, dan setiba saya di kantor, langsung saya tanyakan ke satpam tentang keperluan saya datang ke kantor untuk apa, setelah dijelaskan satpam paham langsung mengerahkan saya ke CS Digital, buka melalui teller atau tiket  ke Costumer Service,.

Sudah ada petugas yang berjaga di mesin CS Digital yang menyerupai ATM Bca hanya lebih besar,Untuk Proses Step by Step mohon maaf kalo urutanya mungkin ada yang tertukar atau tidak sama, mungkin karena saya kurang mengingat karena tidak mendokumentasikanya, saya langsung di minta KTP asli, dan petugas langsung membantu proses menggunakan CS Digital, petugas menscan ktp saya, setelah itu lanjut saya diminta untuk scan jari saya pada mesin CS Digital, lanjut lagi memasukan PIN kartu, 

Setelah itu diminta kartu lama, dimasukan ke dalam mesin, dan saya lanjut untuk memilih jenis kartu yang ingin digunakan, menurut petugasnya, tidak ada biaya untuk upgrade jenis kartu jika menggunakan kartu ATM Lama, tapi saya putuskan untuk yang blue saja dengan admin bulanan Rp 15.000, 

Setelah itu memasukan kembali PIN, dan tak lama kartu baru pun keluar dan siap digunakan , untuk prosesnya sendiri terbilang cepat, dan lebih di sarankan dibanding anda menggunakan online, karena jika anda seperti saya, yang selalu membutuhkan kartu karena sering transaksi di kartu ini.

dan tentunya gratis tanpa biaya apapun, saya hanya mengeluarkan bensin dan parkit :).

Untuk teman-teman semua mungkin hanya sampai di sini cerita singkat dan pengalaman saya mengganti kartu BCA, karena memang singkat prosesnya, dan saat saya ganti kartu antrian hanya sekitar beberapa orang yang mulai ingin mengganti kartunya, karena menggunakan CS Digital menjadikan proses lebih cepat sehingga tidak terjadi antrian yang panjang.