Soal Pilihan Ganda dan Essay Jurusan Otomotif Lengkap Dengan Kunci Jawaban

Berikut ini adalah bank soal berikutnya, soal pilihan ganda dan essay lengkap dengan kunci jawaban untuk jurusan otomotif (Post-test III).

teknik kendaraan ringan teori
Teknik Kendaraan RIngan Teori


Sebagai bahan belajar atau evaluasi pengetahuan seputar teori otomotif, semoga bermanfaat.

1. Perbandingan antara udara dan bahan bakar ekonomis pada saat kondisi kerja mesin pada putaran sedang (primary high speed system) adalah:
a. 11 : 1
b. 16 – 18 : 1
c. 15 : 1
d. 13 : 1

2. Pada saat sistem kecepatan tinggi primer (primary high speed system) bekerja, campuran udara dan bahan bakar akan keluar melalui:
a. Idle port
b. Slow port
c. Secondary main nozzle
d. Primary main nozzle

3. Salah satu keuntungan karburator yang mempunyai diameter venturi kecil adalah:
a. Pengabutan bahan bakar baik saat aliran udara lambat
b. Pengabutan bahan bakar jelek saat aliran udara lambat
c. Daya mesin tinggi karena pengabutan baik
d. Daya mesin tinggi karena pemakaian bahan bakar irit

4. Pada saat sistem kecepatan tinggi sekunder (secondary high speed system) bekerja, campuran udara dan bahan bakar akan keluar melalui:
a. Slow port dan primary main nozzle
b. Idle port dan slow port
c. Secondary main nozzle dan idle port
d. Primary main nozzle dan secondary main nozzle

5. Pada saat sistem tenaga (power system) bekerja, bahan bakar akan keluar melalui:
a. Main Jet
b. Main jet dan Power jet
c. Pump jet
d. Pump jet dan Main Jet

6. Apabila mesin mengeluarkan tenaga yang besar maka perlu ada tambahan bahan bakar ke primary high speed system, maka dibutuhkan sistem tenaga untuk membantu suplai bahan bakar. Pada saat kapan sistem tenaga mulai bekerja?
a. Apabila katup gas dibuka lebih lebar, kevakuman bertambah sehingga power piston akan terhisap keatas dan saluran power jet mulai terbuka.
b. Apabila katup gas dibuka lebih lebar, kevakuman berkurang sehingga power jet akan menekan power valve dan saluran power piston mulai terbuka.
c. Apabila katup gas dibuka lebih lebar, kevakuman berkurang sehingga power piston akan menekan power valve dan saluran power jet mulai terbuka.
d. Apabila katup gas dibuka lebih lebar, kevakuman bertambah sehingga power piston akan menekan power valve dan saluran power jet mulai terbuka.

7. Apakah yang terjadi apabila rumah power piston mengalami kebocoran?
a. Power piston selalu naik sehingga power valve selalu terbuka dan campuran udara dan bahan bakar yang disalurkan ke primary high speed system terlalu kaya.
b. Power valve selalu turun sehingga power piston terbuka dan campuran udara dan bahan bakar yang disalurkan ke primary high speed system terlalu kaya.
c. Power piston selalu turun sehingga power valve terbuka dan campuran udara dan bahan bakar yang disalurkan ke primary high speed system terlalu kaya.
d. Power valve selalu turun sehingga power piston terbuka dan campuran udara dan bahan bakar yang disalurkan ke primary high speed system terlalu kaya.

8. Pada saat pedal gas diinjak secara tiba-tiba, katup gas akan membuka secara tiba-tiba pula, sehingga aliran udara akan menjadi lebih cepat. Sementara bahan bakar mengalir lebih lambat karena berat jenis bahan bakar lebih rendah daripada udara sehingga campuran menjadi kurus. Padahal pada keadaan tersebut dibutuhkan campuran yang kaya. Untuk itu pada karburator dilengkapi dengan sistem:
a. Idle
b. Choke
c. Percepatan
d. Pelampung

9. Pada saat sistem percepatan bekerja bahan bakar akan keluar melalui:
a. Power valve
b. Pump jet
c. Power jet
d. Main Jet

10. Yang dimaksud dengan dieseling adalah:
a. Mesin terus berputar setelah kunci kontak dimatikan
b. Mesin dapat distart tetapi tidak dapat berputar/stasioner
c. Sebuah katup yang berfungsi untuk menghentikan bahan bakar pada saat mesin dimatikan
d. Pengaturan volume aliran bahan bakar yang menuju idle port dan slow port

11. Apa yang terjadi bila menyetel pelampung terlalu tinggi
a. Bahan bakar tidak bisa masuk ke karburator
b. Bahan bakar langsung mengalir dari nosel utama
c. Bahan bakar tidak bisa terhisap karburator
d. Bahan bakar masuk ke dalam pelampung

Essay!

1. Jelaskan tujuan dibuatnya karburator double barel !
Untuk mengatasi kelemahan karburator single barel, karena karburator double barel dapat menghasilkan tenaga (output) yang lebih besar baik pada putaran rendah maupun pada putaran tinggi

2. Jelaskan fungsi dari jarum pelampung !
Untuk membuka dan menutup saluran bahan bakar yang berasal dari pompa bahan bakar

3. Sebutkan 2 macam sitem cuk otomatis yang digunakan pada karburator !
- Sistem pemanas dari exhaust
- Sistem elektrik

4. Jelaskan fungsi dari dashpot !
Untuk memperlambat penutupan throttle valve dari putaran tinggi, sehingga tidak akan menambah emisi gas buang

5. Jelaskan fungsi Hot Idle Compensator !
Untuk menambah udara pada saat temperatur di sekitar mesin panas

Semoga bermanfaat